Pages

Sunday, July 10, 2011

Google+ pun muncul..

Belakangan ini kemunculan Google+ cukup jadi hype di dunia internet. Kenapa begitu? Karena ternyata Google juga menunjukkan keseriusannya untuk terjun di dunia social networking. Usaha ini bukan yang pertama buat Google, sebelumnya Google pernah mengakuisisi Orkut namun tampaknya kurang booming sehingga akhirnya ditutup. Sekarang dengan adanya kehadiran Facebook yang cukup populer, Google juga jadi terpancing untuk jadi pesaing social networking ini.

Google+ memang memberikan beberapa kelebihan dibandingkan Facebook. Kalau saya sendiri boleh bilang, Google+ adalah hasil kawin campur antara Facebook dan Twitter (dalam hal pengelolaan teman). Konsep circles yang diusuing Google+ dapat dengan mudah membantu kita dalam hal pengaturan privasi dan hak akses orang terhadap profile kita. Namun kita juga bisa "mem-follow" orang lain tanpa harus berteman dengannya. Dan lagi, status yang sudah kita posting di Google+ bisa kita edit walaupun sudah diposting (seperti Google Buzz, dan sangat membantu untuk orang yang suka salah ketik hehe).

Dengan adanya Google+ ada indikasi juga bahwa layanan Google Profile akan dihapuskan dalam waktu dekat (karena profile akan terintegrasi dengan Google+), sama halnya dengan penghapusan Google Video setelah Google mengakuisisi Youtube. Memang perubahan sedang banyak terjadi di Google. Yang jelas terlihat adalah  perubahan desain pada produk Google (tampilan pada halaman pencarian, Blogger, GMail, dll) dan juga perubahan nama Blogger dan Picassa menjadi Google Blog dan Google Photos (khusus untuk dua produk ini tampaknya akan terintegrasi dengan Google+).

Ya rasanya cukup sekian dulu update dari dunia Google (masih ada beberapa postingan "ngutang" yang tersimpan sebagai draft). Tampaknya dalam waktu ke depan media sosial melalui internet masih akan cukup eksis. Anda mau ikutan eksis juga? Ikutan bikin account Google+ juga dong kalo begitu :)

cheers,
signature

No comments:

Post a Comment