Pages

Saturday, January 14, 2012

Hidup...

"Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap."
Belakangan ini gw kepikiran lagi tentang hidup. Minggu kemarin istri temen kantor gw kecelakaan motor. Suatu kecelakaan yang menurut gw mustahil, tapi ternyata berakibat fatal. Istri temen gw itu mengalami pendarahan otak. Sementara adik temen gw yang bonceng istrinya dan motornya baik-baik aja. Gw sempet jenguk hari Jumat minggu kemarin, rupanya udah dioperasi dan kondisinya distabilkan sama dokter untuk recovery. Gw jujur aja ga bisa banyak ngomong, karena gw tau gw gak akan bisa ngerasain apa yang temen gw rasain saat itu. Benar-benar hopeless, ga bisa melakukan apapun selain menunggu sebuah keajaiban.

Hari Rabu minggu ini waktu gw baru sampe kantor, gw kembali dikejutkan kabar kalo ternyata dokter udah vonis istrinya mati batang otak. Gw pikir, what? That small hope for recovery bahkan sekarang udah sirna karena dokter udah vonis seperti itu. Keadaan istrinya juga cuma bergantung sama mesin untuk menopang dia hidup. Sampai akhirnya kemarin, Jumat sore istrinya berpulang. Kemudian gw selalu mikir, kenapa sih kok bisa kejadian kaya gitu? why God? why? Gw turut bersimpati buat kehilangan temen gw itu.

Lalu gimana dengan hidup kita? Walau masih muda tapi gak ada jaminan sama sekali kita bakal hidup lama di dunia ini loh. Desember kemarin ada temen ulang tahun, masih muda juga, early twenty lah.. kebetulan gw sempet ngobrol-ngobrol sama dia. Dia happy dengan hidup dia sampe sekarang, tapi ada sesuatu yang kurang karena dia sendiri merasa hidupnya ya cuma begitu-begitu aja, belum melakukan sesuatu yang berguna dan punya dampak buat lingkungannya. Wow, semuda itu dan udah mikir seperti itu, gak seperti kebanyakan orang muda sekarang yang lebih memilih "senang-senang mumpung masih muda". Dia pengen banget hidup dia bisa memberi dampak buat lingkungan di sekitarnya. In my heart, if this is what she really wants from her heart, I will support her. Satu orang yang berbuat sesuatu yang baik dan manis buat lingkungannya, akan memberi dampak bagi setiap jiwa yang disentuhnya.

Kalo kamu gimana? Hidup kamu tuh kaya gimana sih sekarang? Apa sih impact kehadiran kamu buat lingkungan di sekitar kamu? Gimana cara kamu tau kalo kehadiran kamu itu berdampak buat lingkungan kamu? Simple aja kok, misalnya di tempat kerja/kuliah... Kalo kamu gak masuk kantor/kuliah sehari aja.. kira-kira ada yang cariin kamu gak? Ada yang sms tanyain kaga? Atau semua berjalan normal, ada atau gak adanya kamu itu bukan sesuatu yang penting buat mereka?
Hidup ini singkat, hidup ini rapuh. Bagaimana kamu menghargai hidup yang kamu jalanin ini? Coba deh mulai dengan bersyukur buat apa yang ada di hidupmu sekarang. Ucapin terima kasih buat orang-orang yang udah hadir dalam hidup kamu, bahkan untuk hal-hal yang kecil dan keliatannya gak penting. Coba deh ubah cara pandang kamu dalam menjalani hidup. Our life time in this world is ticking, every hour, every minute, every second.. until it stops one day and we leave this world. Are you ready to leave this world?

Inspirasi:
- Hidup = Uap Mie Pangsit

cheers,
signature

No comments:

Post a Comment