Pages

Monday, October 27, 2008

I choose to vote!

Hari Minggu kemarin tanggal 26 Oktober merupakan hari pemilihan Walikota Tangerang. Karena saya adalah warga Tangerang yang baik :p Maka saya berkesempatan untuk berpartisipasi dalam ajang pemilihan Walikota kemarin. Mungkin banyak orang yang memilih untuk golput dalam pemilihan-pemilihan yang ada (pemilihan bupati, walikota, kepala desa, atau bahkan pemilihan Presiden), namun saya melihat bahwa hak untuk memilih ini adalah suatu priviledge yang spesial bagi seorang warga negara. Walau jika dibandingkan, suara saya seorang diri begitu tidak signifikan, tapi setidaknya saya masih memiliki kesempatan untuk bersuara, menyatakan pendapat, dan memilih untuk melakukan perubahan. Itu jauh lebih baik daripada sengaja diam dan tidak berbuat apa-apa (walau dengan alasan terlalu kecewa dengan janji-janji palsu, dll). Hari ini juga saya melihat status YM dari seorang rekan saya yang menyatakan "salah memilih itu lebih baik daripada tidak memilih sama sekali", mungkin dia menulis kalimat tersebut dalam konteks lain, tapi ketika saya menarik hubungan dengan apa yang saya tulis saat ini, ternyata kalimat tersebut memang betul adanya, dengan salah memilih kita bisa belajar, sehingga pada kesempatan berikutnya kita bisa tau apa yang harus dipilih, dan manakah pilihan yang benar.
Intinya, saya berharap kalau ke depannya sistem pemilihan wakil rakyat di negara kita tercinta Indonesia dapat berjalan jujur, transparan, dan adil. Memang ada beberapa rekan yang saya hubungi langsung menyatakan kalau mereka belum berkesempatan untuk memilih pada pemilihan walikota kemarin karena kekurangan dalam sistem yang ada saat ini, tapi saya berharap di pemilihan berikutnya semua kekurangan itu bisa diperbaiki. Siap-siap nyoblos di pemilihan umum Indonesia tahun 2009! Nyatakan suara dan aspirasimu melalui pemilihan umum! Say no to golput! I choose to vote! :)

NB: itu foto jari tangan saya sesudah nyoblos :)

No comments:

Post a Comment