Pages

Wednesday, October 22, 2008

Mengenai friendster blog

Melanjutkan mengenai platform blog Friendster yang sudah berubah menjadi menggunakan Wordpress. Walau tampak menarik, tapi karena plugin yang terbatas, jadi mulailah banyak berdatangan komentar spam. Hal ini baru saya sadari belakangan ini, saat saya memeriksa mailbox saya. Ah... justru pada saat-saat seperti ini kehadiran plugin "Akismet" ibarat penolong yang sangat handal hehe.. Lalu setelah saya cukup kerepotan dengan harus menghapus email notifikasi pemberitahuan adanya komentar di blog saya, akhirnya saya mengganti beberapa opsi pengaturan untuk pemberian komentar, antara lain bahwa pengguna harus melakukan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Memang dengan dibatasi seperti itu jadinya tidak semua orang bisa memberikan komentar di blog Friendster, tapi apa daya karena belum adanya plugin Akismet di blog Friendster tersebut. Saya akan mencoba untuk menghubungi pihak Friendster dalam hal ini. Satu tambahan lagi, karena blog Friendster sudah menggunakan Wordpress, maka satu blog dapat di-manage oleh lebih dari satu pengguna sekaligus. Opsi pilihan tersebut sudah ada, namun saya juga belum mencobanya, jadi jika ada profile Friendster tentang perusahaan atau institusi tertentu, maka blognya bisa ditangani lebih dari satu orang (misalnya tentang update profile perusahaan/institusi, event-event yang akan dilakukan, update informasi terbaru, dll).

5 comments:

  1. lam kenal mas pandu..

    ajarin dong gmn kita ubah dari blog FS ke blog wordpress, tp tulisan kita itu tetap. agar gak ketik2 lg gtu maksudnya mas...
    jadi hanya pindah alamat aja...

    karena saya liat di Blog FS ini kok gak bs gunakan blogroll seperti di blognya Wordpress.

    mohon ajarin ya mas...

    thanks.

    ReplyDelete
  2. @trihadi
    Gampang mas, gini singkatnya:
    1. Dari Dashboard blog FS coba masuk ke menu "Manage", kemudian pilih sub-menu "Export".
    2. Tekan tombol "Download export file", kemudian nanti tulisan kita di blog FS akan disimpan dalam file ".xml"
    3. Setelah disimpan, login ke account wordpress, pilih blog baru yang dimaksud.
    4. Dari Dashboard blog wordpress, masuk ke menu "Manage", kemudian pilih sub-menu "Import".
    5. Pilih jenis blognya adalah Wordpress, kemudian upload file ".xml" hasil export tadi, kemudian tekan tombol "Upload file and import".
    6. Tunggu sampai beres. Kalau masih kurang jelas nanti saya buatkan postingan khusus untuk export-import via Wordpress.

    Salam kenal juga :) Terima kasih sudah mampir.

    ReplyDelete
  3. Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://web-2-0.infogue.com/mengenai_friendster_blog

    ReplyDelete
  4. @naruto onepiece
    Thanks for publishing one of my blog entry there :) Your anime blog is nice too :) Semoga yang one piecenya juga diisi :) Mau tukeran link?

    ReplyDelete
  5. @trihadi
    Oh ya mas, di Friendster juga bisa atur blogroll kok, cuma saja penambahan blogroll dilakukan melalui menu "Manage" > "Links"

    ReplyDelete