Pages

Thursday, September 4, 2008

Google Chrome - web browser

Hari ini saya baru bisa berkesempatan untuk menjajal sebuah internet browser baru keluaran Google yang bernama Google Chrome. Sebenarnya saya sudah mengetahui ini dari detikcom beberapa hari yang lalu, namun setelah dipanas-panasi oleh rekan kantor, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menggunakan web browser ini. Kesan pertama menggunakannya adalah tampilannya yang sederhana, bisa dibilang minimalis, dengan konsep-konsep brilian di belakangnya. Beberapa hal yang saya pikir merupakan suatu inovasi dan terobosan di ranah web browser adalah implementasi multithreading (multiprocess) untuk setiap tab web browser, sehingga jika ada satu halaman web yang crash maka tidak akan menyebabkan seluruh browser crash (seperti yang terjadi pada Firefox dan IE). Ide lain adalah dengan membuat javascript virtual machine, dan juga menggunakan webkit sebagai engine untuk menampilkan halaman web. Sebenarnya masih banyak hal-hal lain yang diusung oleh browser ini, tapi lebih baik saya menyarankan kepada Anda masing-masing saja untuk mengunduh browser baru ini dan menggunakannya. Google memberikan jaminan bahwa dengan menggunakan browser ini maka waktu untuk melakukan loading terhadap suatu halaman website akan lebih cepat. Jika Anda mau menggunakan versi portablenya, disini juga sudah tersedia. Silahkan memberikan komentar jika Anda sudah menggunakannya :)
(yang gratis dan open source memang enak hehe)

Beberapa informasi link tambahan:

No comments:

Post a Comment