Pages

Monday, September 22, 2008

Ngeblog yuuk...

Apa itu blog?
Blog pada awalnya berasal dari kata weblog/web log (atau bisa dibilang catatan pada website atau web yang berisi catatan) yang diciptakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997. Kemudian istilah ini dipisahkan oleh seseorang yang bernama Peter Merholz dari weblog menjadi we blog pada tahun 1999 yang bisa diartikan sebagai “kami melakukan blog”, sehingga istilah ini kemudian populer dengan sebutan blog. Seperti maksud awalnya, blog ini bisa dikatakan sebagai catatan pada website/web tertentu. Catatan pada web ini bisa terdiri dari beragam macam, mulai dari catatan pribadi seperti buku harian sampai kepada hal-hal spesifik seperti informasi lowongan kerja, atau informasi tentang suatu hobi tertentu. Isi dari blog sendiri juga beragam, mulai dari teks, video, mp3/musik, gambar, dan masih banyak lagi.

Bagaimana membuat blog?
Untuk membuat blog ada dua pilihan, yaitu menggunakan layanan blog berbayar (untuk menggunakannya diperlukan sejumlah biaya tertentu) atau menggunakan layanan blog gratis. Hmm.. menggunakan yang gratisan tampak lebih menarik :p jadi akan saya bahas bagaimana mendaftar dua layanan blog dunia yang menyediakan layanan blog gratis, yaitu Blogger™ dan Wordpress™. Tapi sebelumnya pastikan teman-teman sudah memiliki alamat e-mail pribadi, karena alamat e-mail teman-teman pasti akan dibutuhkan nanti.

Blogger™

Blogger™ merupakan layanan blog yang dikeluarkan oleh Google™. Untuk membuat blog pada Blogger™, lakukan langkah-langkah berikut:
a. Buka internet browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, dll), dan ketikkan alamat http://www.blogger.com di kotak alamat URL.
b. Pilih “Create your blog now”.
c. Masukkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat blog (alamat e-mail, password), pilih “Continue”.
d. Pilih “Create your blog” untuk membuat blog baru.
e. Beri judul dan alamat blog, jika alamat blog sudah digunakan orang lain, maka akan tampil pemberitahuan untuk memilih alamat lain. Jika belum ada yang menggunakan alamat tersebut, kita bisa melanjutkan dengan memilih “Continue”.
f. Kemudian pilih template tampilan blog.
g. Kemudian setelah itu kita bisa login dengan nama pengguna dan password pada halaman utama.

Wordpress™

Wordpress™ merupakan salah satu pilihan lain yang digunakan oleh banyak blogger. Selain memberikan pilihan pengaturan yang lebih lengkap daripada Blogger™, cara mendaftar Wordpress™ juga cukup mudah.
a. Buka internet browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, dll), dan ketikkan alamat http://www.wordpress.com di kotak alamat URL.
b. Pilih “Sign Up Now!”.

c. Masukkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat blog (nama pengguna, password, alamat e-mail), kemudian pilih “Next >>”
d. Jika nama pengguna sudah ada, maka akan ditampilkan pemberitahuan untuk memilih nama pengguna lain. Jika nama pengguna yang dipilih belum dipergunakan oleh orang lain, maka tampilan berikutnya adalah pemilihan alamat blog. Jika alamat blog yang dipilih sudah dipergunakan oleh orang lain, maka kita harus membuat alamat blog baru. Kemudian tekan tombol “Signup >>”.
e. Kemudian Wordpress™ akan mengirimkan alamat e-mail konfirmasi ke alamat e-mail yang kita masukkan tadi (di poin c), jadi segera buka e-mail yang dimaksud, kemudian lakukan aktivasi dengan menekan alamat aktivasi blog pada e-mail.
f. Setelah melakukan aktivasi, maka kita bisa melakukan login ke halaman pengaturan blog yang telah kita buat dengan nama pengguna dan password yang kita pilih.

Setelah account blog (baik pada Blogger™ maupun Wordpress™) sudah dibuat, maka jika ingin membuat tambahan blog baru, teman-teman tidak perlu mengulangi semua proses di atas dari awal, karena untuk setiap pengguna diperbolehkan memiliki lebih dari satu blog.

Kok pake bahasa Inggris? Tenang saja, bagi teman-teman yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris dan ingin menggunakan bahasa Indonesia dalam halaman layanan blog bisa mengganti bahasa yang digunakan dengan cara mengganti pilihan bahasa pada halaman utama Blogger™ bagian kanan atas, atau dengan memilih bahasa di bawah tombol “Sign Up Now!” untuk Wordpress™ berbahasa Indonesia.

Ok, selamat menjadi blogger dan happy blogging! :)

Istilah
blogger: orang yang memiliki blog.
blogging: proses melakukan blog.

No comments:

Post a Comment