Pages

Monday, September 8, 2008

Wanita Lebih Tertarik Pria Mirip Ayahnya

Artikel menarik berikut juga saya ambil dari Kompas.com, mengenai betul atau tidaknya, saya sendiri belum membuktikan :p Lah wong masih jomblo gini.. :p Mungkin karena saya belum bertemu seorang wanita yang karakteristik wajah bapaknya mirip dengan karakteristik wajah saya, atau sifat-sifat bapaknya yang mirip dengan sifat-sifat saya hehe.. Emang, cari jodoh itu ga gampang :)

MENURUT suatu penelitian, wanita memiliki kecenderungan memilih suami atau pasangan hidup yang wajahnya mirip dengan sang ayah.  Kecenderungan ini tak hanya berlaku pada kaum Hawa. Para pria pun dapat memiliki kecenderungan memilih istri berwajah mirip ibunya.

Adalah para ilmuwan dari University of Pécs, Hongaria yang menyimpulkan adanya fenomena yang disebut sexual imprinting tersebut. Namun begitu, temuan yang dipublikasikan jurnal Proceedings B ini masih perlu diperkuat lagi dengan penelitian lanjutan. 

Riset sebelumnya mengungkapkan bahwa wanita kerap menggunakan sosok ayah sebagai pola atau model dalam memilih pasangan, bahkan bila wanita ini anak adopsi. Fenomena ini menunjukkan bahwa imprinting dapat terjadi bukan hanya karena faktor gen. 

Dugaan ini juga didukung  riset lain yang menunjukkan bahwa hubungan imprinting tidak terlihat pada wanita yang hubungannya buruk dengan ayah mereka. 

Dipimpin Tamas Bereczkei, riset ini dilakukan dengan mengukur proporsi wajah dari 52 keluarga yang menjadi obyek penelitian. Peneliti menemukan kaitan yang erat antara calon suami dengan mertua laki-laki, terutama pada proporsi wajah di daerah pusat yakni hidung dan mata. Para wanita juga menunjukkan kemiripan dengan mertua wanita terutama pada bagian bawah wajah yakni bentuk dagu dan bibir.

"Hasil penelitian kami memberi dukungan terhadap hipotesa sexual imprinting yang menegaskan bahwa anak akan membuat pola mental dari orang tua lawan jenisnya dan mencari pasangan yang memiliki kemiripan dengan skema persepsi mereka," tandas Bereczkei.


AC 
Sumber : BBC

No comments:

Post a Comment