Pages

Monday, June 2, 2008

Hujan uang!!

Tanggal 1 Juni 2008 kemarin, banyak warga yang dikejutkan dengan hujan uang! Ya, ini bukan sekedar mimpi, tapi benar-benar terjadi di Serang. Adapun orang yang "bertanggungjawab" mengadakan "ritual pemanggilan hujan uang" bukanlah pawang hujan biasa, tapi seorang motivator Indonesia yang bernama Bapak Tung D. Waringin. Adapun jumlah uang yang akan dibagikan kabarnya sejumlah 100 juta (terdiri dari uang pecahan 1000, 5000 dan 10.000 serta tiket masuk seminar yang diasumsikan senilai Rp. 40 juta). Hal ini katanya merupakan sebuah metode promosi peluncuran buku barunya.

Walaupun metode publikasi peluncuran buku yang termasuk unik, namun menurut saya cara ini bukanlah cara yang bijak. Melihat liputan di televisi, begitu banyak orang berebut uang yang disebarkan dari atas sebuah pesawat terbang itu saling berebut di sebuah lapangan sudah menjadi poin negatif bagi saya. Bayangkan saja, disitu ada anak-anak, wanita, bahkan orang tua juga ada ikutan disana. Sedangkan petugas pengamanan yang berjaga juga masih kalah jauh dibandingkan dengan orang yang hadir. Tapi ya mungkin itulah salah satu resiko menjadi seorang pionir dalam melakukan suatu bentuk promosi dengan gaya baru. Di satu sisi merupakan suatu terobosan, namun di sisi lain juga ada hal negatifnya. Untung saja uang yang dibagikan itu berupa uang kertas, coba bayangkan jika uang yang dijatuhkan itu adalah uang logam! :p Tapi saya yakin, Pak Tung tidak akan memilih untuk menyebarkan uang logam dari atas sebuah pesawat. Bisa-bisa beliau dituntut sebelum bukunya laris terjual hehe...
(wee...lagi krisis begini kok bagi-bagi duit gitu Pak, kesannya gimana gitu terhadap rakyat kecil... atau cuma cari sensasi aja nih?)

2 comments: