Pages

Monday, May 19, 2008

Mengenai AXIS dan telepon merah

Hari gini masih ada aja orang-orang yang iseng menyebar black campaign tentang suatu produk atau juga kabar hoax. Tapi hal yang lebih aneh lagi, banyak orang yang justru dengan mudah menerima mentah-mentah informasi tersebut tanpa melakukan konfirmasi, atau juga melakukan sedikit penyelidikan kebenaran informasi tersebut.

"AXIS"
Sebagian besar orang Indonesia pasti tahu mengenai operator seluler baru ini dan beberapa isu yang muncul di balik branding "AXIS". Beberapa isu yang muncul dikait-kaitkan dengan penempatan tarif yang membentuk kumpulan angka '666' dan branding "AXIS" itu sendiri. Berikut beberapa isu yang muncul:
- Angka '666' yang dibentuk dari tarif percakapan dipercaya merupakan angka setan (hahaha... gw ketawa sama hal ini, enak amat setan mengklaim angka 666 jadi punya dia)
- Nama AXIS yang jika dilihat terbalik akan terbaca SIX, dan huruf A yang akan membentuk seperti kepala kambing yang identik dengan lambang setan (gw juga ketawa sama isu ini, kenapa sekarang angkanya cuma SIX atau 6 aja? tadi katanya 666, kok sekarang berubah?)
- Nama AXIS yang merupakan singkatan dari kata "antikris" atau "anti kristus" untuk golongan agama tertentu.

"Telepon merah"
Isu ini sendiri makin bertambah hebat dengan adanya isu "telepon merah" (ealah, makin nyeleneh ini). Padahal kalo layar hape-nya monokrom alias item-putih, pasti ga akan ada telepon merah hehe... nomornya item semua soalnya (beruntunglah mereka yang pake hape monokrom), dan juga ada beberapa testimonial orang-orang yang makin membuat isu ini membesar (melalui email, sms, blog, dll), sampai-sampai topik ini menjadi topik hangat dimana-mana termasuk di kalangan agama tertentu, dan diangkat pula di televisi, dengan mengundang om "RS" membahasnya. Tapi untungnya pembahasan di televisi itu setidaknya menjadi satu wacana baik mengingat baru diberlakukannya undang undang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE), jadi pelaku dan orang-orang yang menyebarkan isu ini bisa dijerat hukum (nah loh... hati-hati deh, kalo dituntut oleh pihak yang dirugikan, bisa dihukum loh).

Beberapa blog yang saya kunjungi juga sudah membahas mengenai hal ini dengan sangat baik, semoga ini bisa jadi suatu pembelajaran bagi kita agar berhati-hati dalam mendapat informasi yang ada, jangan justru malah menjadi ikut-ikutan karena setiap orang juga melakukannya, tapi coba diselidiki lebih lanjut sebelum melakukan suatu tindakan tertentu yang bisa jadi merusak nama baik seseorang/suatu instansi, atau menggoyahkan iman dan kepercayaan orang lain/menimbulkan keresahan di masyarakat.

Referensi:
- Blog mas Darmawan
- Ask Sophia

1 comment:

  1. 666 itu gw gatau udah diklaim setan atau apa... tp yg jelas mah

    6 itu melambangkan manusia

    3 itu melambangkan Tuhan

    klo enamnya tiga kali berarti itu melambangkan manusia yang ingin menjadi, atau meniru, Tuhan.

    :D

    ReplyDelete