Pages

Monday, July 21, 2008

Cara mudah mencari dengan menggunakan Google (Google Hacks)

Mungkin sebagian orang sudah mengenal Google sebagai mesin pencari (search engine) yang populer. Hampir semua hal bisa dicari dengan menggunakan Google, mulai dari artikel di suatu website bahkan sampai kepada hal-hal terlarang (film porno, crack, pencurian password, dll). Kebanyakan orang biasanya hanya mengetikkan kata-kata kunci/keyword untuk melakukan pencarian pada Google (misalnya: download mp3 gratis, download pdf free, dll), namun ada juga sebenarnya teknik tertentu yang digunakan untuk melakukan optimasi pada pencarian Google. Nah, cara tertentu ini juga sering digunakan oleh para hacker untuk melakukan aksinya. Oleh karena itu, sering juga istilah ini disebut Google Hacks (bahkan ada website tertentu juga yang membahas mengenai hal ini).
Kegunaan sebuah alat ditentukan oleh orang yang menggunakan alat tersebut. Sebuah panci dapat digunakan untuk memasak oleh seorang koki, atau sebagai sebagai alat untuk membunuh di tangan seorang penjahat (well, walau agak aneh juga sih pembunuh berantai dengan menggunakan panci hehe..). Hal ini juga berlaku untuk Google, beberapa metode yang saya sebutkan di atas juga sering digunakan untuk melakukan kejatahan..eh kejahatan online, atau hal-hal yang merugikan orang lain (beruntung Indonesia sudah memiliki UU-Informasi dan Transaksi Elektronik/UU-ITE saat ini).
Kemarin ini saya menemukan sebuah program yang dapat mempermudah pencarian khusus dengan menggunakan Google. Nama program tersebut adalah Google Hacks, dan dikembangkan oleh Google sendiri! Program ini sendiri bukanlah merupakan suatu program yang baru, karena saat saya mengunduhnya dari website Google, versi yang aktif saat ini adalah versi 1.6. Di situsnya sendiri terdapat bermacam jenis program ini baik untuk Windows, Mac, atau Linux dengan ukuran file yang relatif kecil.
Saat program ini dijalankan dengan kriteria tertentu yang sudah kita tentukan, maka kemudian program ini akan mengeksekusi "query" yang dibangun pada jendela internet browser, dan menampilkan hasil pencariannya. Hasil pencariannya sendiri menggunakan kemampuan mesin pencari Google. Jadi seperti yang saya sebutkan sebelumnya, program ini hanya membangun query pencarian, kemudian menjalankannya pada situs mesin pencari Google. Jadi jika komputer Anda tidak terhubung dengan internet, maka dapat dipastikan program ini tidak akan menghasilkan sesuatu bagi Anda :)
Silahkan mengunduh program ini disini

1 comment:

  1. menarik juga infonya .. semoga orang menggunakannya untuk sesuatu yang bermanfaat

    ReplyDelete