Pages

Friday, July 18, 2008

Proyek portable flash disk

Akhirnya beres juga proyek portable flash disknya.
Kesulitan yang dialami pertama adalah mempartisi flash disk di Windows. Untuk dapat mempartisi flash disk, FD harus terdeteksi sebagai local disk. Namun flash disk pada umumnya akan terdeteksi sebagai Removable Disk, beberapa cara yang dapat digunakan agar flash disk terdeteksi sebagai local disk antara lain dengan meng-install driver hardisk atau menggunakan program tertentu. Caranya dapat Anda lihat disini dan disini.
Tapi karena walaupun sudah diubah menjadi local disk, ternyata masih ada kesalahan pada waktu ingin dipartisi menggunakan Partition Magic, sehingga tidak dapat dipartisi. Akhirnya saya tidak jadi mempartisi flash disk saya :p
Untuk operating system portable-nya sendiri, saya memutuskan u/ menggunakan SLAX 6.5 dengan besar sekitar 200 mb. Portable OS tersebut saya install di FD yang berkapasitas 256 mb. Caranya untuk meng-install ke dalam FD adalah sebagai berikut:
1. Format terlebih dahulu flash drive dengan format FAT/FAT32.
2. Ekstrak file .tar dari slax ke flash drive menggunakan zip archiver (winzip, winrar, 7-zip)
3. Masuk ke folder boot di flash drive, kemudian jalankan script bootinst.bat
4. Tunggu sejenak, kemudian selesai! :)
Nah, sekarang slax sudah terinstall di flash drive saya, tinggal menguji di komputer yang mendukung USB boot. Kemudian kita uji coba fitur-fitur slax yang ada :)

No comments:

Post a Comment