Pages

Thursday, July 31, 2008

Lembah Bougenville Resort

Tanggal 30 Juli 2008 kemarin, kembali saya bisa berkesempatan untuk menikmati liburan bersama dengan rekan-rekan di Bandung. Setelah kemarin ini sempat berjalan-jalan ke Natural Hills, kali ini saya berwisata ke suatu tempat di daerah Lembang yang bernama Lembah Bougenville Resort.
Tempat ini memiliki alamat lengkap di Kmp. Cisarongge, Desa Cibodas Lembang. Kalau Anda pernah berwisata di daerah Maribaya, maka Lembah Bougenville ini berjarak kurang lebih 3 km setelah Maribaya. Sayangnya, jalan masuk ke tempat ini dari jalan raya hanya bisa dimasuki oleh mobil minibus (maksimal), sedangkan untuk bus kapasitas besar harus diparkir di pinggir jalan raya. Papan penunjuk ke Lembah Bougenville juga hanya berada di pinggir jalan raya di depan gang yang akan menuju tempat tersebut. Jadi bisa dibilang penunjuk jalan ke tempat ini sangat kurang. Namun di dalam lokasi wisata tersebut, ternyata cukup tersedia tempat parkir untuk banyak mobil, serta tempat yang sangat terawat.
Biaya masuk untuk berwisata di tempat ini juga bisa dikatakan cukup murah. Pengunjung (yang tidak menginap) hanya dikenakan biaya kebersihan sebesar Rp. 5000 - 10000 per orang (tergantung dari jumlah rombongan dan penggunaan saung/shelter). Namun perlu diketahui bahwa wisata ini hanya terbuka untuk umum dari hari Selasa - Minggu dari jam 9 - 17, sedangkan hari Senin area resort tutup (kecuali hari libur nasional). Perkiraan saya, mungkin hari senin adalah hari bersih-bersih dan perawatan resort tersebut :). Beberapa peraturan lain yang berlaku bagi pengunjung adalah:
- Tidak boleh membawa hewan peliharaan ke area resort.
- Tidak diperkenankan membawa dan menyalakan kembang api dan petasan di area resort.
- Tidak diperkenankan mengkonsumsi narkoba, minuman beralkohol > 5%, dan buah durian (mungkin karena beralkohol juga kali ya)
- Dilarang berjudi
- Dilarang memetik buah dan bunga
- Sarana hiburan/musik yang diperbolehkan hanya gitar/keyboard
Jadi seperti apa sebenarnya resort ini? Bisa dibilang bahwa tempat ini sebagai tempat wisata keluarga, bisa dibilang juga sebagai wisata alam. Tempat/spot yang ada di resort ini antara lain:
- Kolam ikan (bisa memberi makan ikan mas dengan makanan ikan yang dapat dibeli dengan harga Rp. 1000/bungkus)
- Kolam pancing (biaya sewa pancing dan umpan sebesar Rp. 10000, sedangkan jika mau membawa pulang ikan hasil pancingan akan dikenakan biaya Rp. 20000/kg ikan)
- Tempat penyewaan dan track sepeda (saya lupa menanyakan biayanya)
- Area playground dan outbound sederhana untuk anak-anak (free)
- Cafe
- Kandang burung yang besar
- Beberapa taman, seperti taman kakaktua, taman lotus, taman pinus
- Serta kebun tanaman seperti kebun cabai dan jambu
- Saung/pondok yang banyak terletak dimana-mana
- Villa
- Bunga yang beragam dimana-mana :)
Bagi Anda yang ingin menginap disana juga disediakan villa dengan beragam kapasitas dan harga :) Menu makan pagi, siang, malam, serta snack bisa Anda pilih juga sesuai selera. Jika Anda juga ingin barbeque, Anda juga bisa menyewa peralatannya. Menurut informasi yang saya dengar, resort ini dibangun oleh seorang (pensiunan) perwira angkatan udara. Rumah beliau dan keluarganya juga ada tergabung dengan resort ini. Namun sayang sekali, saya tidak berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan beliau. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat di websitenya.

No comments:

Post a Comment