Pages

Tuesday, July 22, 2008

Cara Meng-install & Pemakaian DeepFreeze

Kata Pengantar
Tujuan dari cara menginstall & pemakaian Deep Freeze ini adalah mempermudah pengguna bagi yang awam maupun yang sudah mahir. Dan disediakan sebagai referensi untuk pertanyaan- pertanyaan umum yang sering ditanyakan ketika menginstall dan menggunakan software ini.

Sumber Panduan Deep Freeze
Panduan untuk pengguna, tutorial video, dan dokumentasi lainnya pada Deep Freeze Standard tersedia pada: www.faronics.com/library.

Apa Itu Deep Freeze?
Deep Freeze ialah sebuah software yang mencegah perubahan permanen apapun yang dilakukan pada PC anda. Deep Freeze mempunyai dua mode: Froozen dan Thawed. Ketika Deep Freeze dalam mode Froozen, perubahan apapun yang telah dilakukan pada PC akan dilupakan ketika PC di-restart. Ketika Deep Freeze dalam mode Thawed, perubahan apapun yang telah dilakukan pada PC akan dipertahankan ketika PC di-restart. Saat membuat perubahan pada PC, seperti meng-install software atau melakukan update, computer harus dalam keadaan mode Thawed. Reboot/restart dilakukan jika ada perubahan pada PC anda. Misalnya, anda mau meng-install software atau meng-update software(misal: Anti Virus) panggil Deep Freeze pilih dalam mode Boot Thawed lalu restart setelah restart PC berada dalam mode Thawed dan anda bisa meng-install software yang dibutuhkan, setelah selesai panggil Deep Freeze, pilih mode Boot Frozen lalu restart kembali. PC anda akan kembali dalam mode Frozen.

Deep Freeze Membutuhkan…
Deep Freeze membutuhkan minimal Windows 95/98/Me/2000/Xp dan 10% ruang Hard Disk. Untuk hardware sama seperti yang direkomendasikan pada Sistem Operasi masing-masing Windows.

Meng-install Deep Freeze Standard
Ketika akan menginstall Deep Freeze, tutup dan matikan semua software yang berjalan pada background dan software Anti Virus. Lengkapi langkah-langkah berikut dalam meng-install Deep Freeze Standard:
1. Dobel klik file DeepFreezeSTDEval.exe untuk memulai proses installasi. Installasi Deep Freeze Standard akan menampilkan menu.
2. Pilih drive mana yang mau di-Freeze (saran: sebaiknya hanya pada Drive C), klik Install untuk memulai meng-installasi. Ikuti langkah-langkah yang muncul. Baca dan terima persetujuan lisensi. Pada akhir peng-installan, PC akan reboot/restart. Setelah reboot Deep Freeze sudah di-install.
3. Sesudah reboot, sebuah pesan pengisian Password akan muncul. Pesan ini mengijinkan anda memasukkan kata kunci atau bahasa kerennya password untuk Deep Freeze. Pesan ini akan muncul selama 10 detik. Jika anda tidak memasukkan password sebelum pesannya menghilang, anda bisa mengaturnya nanti alias masukin kata passwordnya nanti aje.

Meng-uninstall Deep Freeze Standard
Pilihan untuk uninstall DeepFreeze hanya tersedia jika DeepFreeze sudah di-install pada PC anda atau pada jaringan. DeepFreeze harus dalam keadaan mode Thawed untuk melakukan uninstall. Untuk meng-uninstall Deep Freeze, seperti biasa lengkapi langkah-langkah berikut:
1. Dobel klik pada file DeepFreezeSTDEval.exe
2. Pilih Uninstall.

Pemakaian DeepFreeze
Ketika dalam keadaan Froozen, ikon muncul dengan ikon beruang di System Tray (pojok kanan bawah dekat jam) setelah installasi. Mengindikasikan Sistem pada PC di lindungi oleh Deep Freeze.

Ketika dalam keadaan Thawed, ikon dengan tanda silang pada ikon beruang muncul di System Tray (pojok kanan bawah dekat jam) setelah installasi. Mengindikasikan Sistem pada PC tidak di lindungi oleh Deep Freeze.

Untuk mencobanya kehebatan dari Deep Freeze, coba anda menghapus atau merubah toolbar, mengganti gambar pada desktop, atau yang lebih mahir mengubah registry. Semua perubahan akan hilang ketika PC di-restart, dengan catatan Deep Freeze dalam keadaan mode Frozen.

Mengakses/memanggil dialog pengendalian Deep Freeze
Untuk mengakses dialog pengendalian DeepFreeze dengan menekan tombol kombinasi:
Tekan CTRL + SHIFT + ALT + F6 . Lalu dialog Password Deep Freeze muncul. Masukkan password anda (Anda bisa memasukkan password jika diawal peng-installan belum memasukkan password,dengan cara setelah muncul pesan dialog pengendalian DeepFreeze tekan ENTER pilih tab Password masukkan Password anda pada kolom Password, masukan kembali Password anda pada kolom Confirm Password, klik OK. Ingat jangan lupa / salah memasukkan Password)

Catatan Keamanan Deep Freeze
DeepFreeze tidak bisa melindungi PC jika booting pada Floopy Drive atau CD-ROM Drive. Registry Windows dilindungi melalui dalam Windows.

source: http://verdiangituloh.blogs.friendster.com/

8 comments:

  1. kayaknya perlu diupdate lagi cara menginstals... dalam kasus hardisc melebihi 1 tera, baik DeepFreeze Enterprise maupun STD. semua tidak bisa suport melebihi 1tera. Parahnya lagi jika HD anda ada 2 atau lebih dan jumlahnya salah satunya dibuat master (pasti kapasitas terkecil yang kita pasang DF), sedang kapasitas besar kita cabut setelah terinstal DF kita pasang lagi, efeknya kadang2x apa yang kita download atau kita simpan di drive lain yg tidak kita pasang DF bisa hilang..???!!!! khususnya DeepFreeze Standard.6.53.020.2763. Ini sepertinya masalah bug di pihak DF...

    PS : sumber pengalaman pribadiku, buluperindu :)) cinta Indonesia
    bisa dipraktekkan deh kl gak percaya.

    ReplyDelete
  2. Makasih info penggunaan df, smoga bertambah ilmunya

    ReplyDelete
  3. @all, makasih buat komennya, saya cuma membantu menyebarkan informasi aja, credits to the original poster :)

    ReplyDelete
  4. thank's verry much .....untuk petunjuk nya

    ReplyDelete